Kata Gubernur  

Posted by: Mama Sari

Gubernur: Penyebab Banjir Karena Tidak Ada Pintu Air
Jum'at, 28 Desember 2007 | 15:29 WIB

TEMPO Interaktif, Surabaya:Gubenur Jawa Timur Imam Utomo menilai tidak adanya pintu air (dam/rolak) di Sungai Bengawan Solo sebagai penyebab utama terjadinya banjir di beberapa kawasan di Jawa Timur.

"Bengawan Solo hanya ada satu dam, yaitu di wilayah Jawa Tengah, sedangkan di Jatim tidak ada pengaturan airnya," tutur Imam Utomo, Jumat (28/12).

Ketiadaan pintu air ini, kata mantan Panglima Kodam V Brawijaya ini, membuat air yang mengalir di Bengawan Solo langsung mengalir menuju Laut Jawa. Padahal, volume air di Bengawan Solo sedang meningkat akibat hujan yang turun beberapa hari terakhir, yang diperparah dengan naiknya permukaan air laut.

"Akibatnya, air tidak tertampung dan terjadi banjir," tambah Imam. Karenanya, Imam berjanji dalam waktu dekat akan segera membuat beberapa dam di aliran Bengawan Solo.

Imam mencatat terjangan banjir yang melanda daerahnya terjadi di hampir seluruh kabupaten atau kota yang ada. Hanya yang terparah terjadi di Ponorogo, Magetan, Ngawi, Madiun, Trenggalek, Mojokerto, Malang, dan Bojonegoro.

This entry was posted on 15.59 . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar

Posting Komentar